Menurut Bab X dalam Anggaran Dasar Pasal 24 dan Pasal 25 tentang Lambang dan Bendera disebutkan :
Lambang FA-KMHDI adalah Tridharma sebagaimana ditentukan dalam Anggaran Rumah Tangga.
Bendera FA-KMHDI adalah TRI DATU sebagaimana ditentukan dalam Peraturan Organisasi.

Dalam Bab X Anggaran Rumah Tangga (ART) Pasal 25 dijelaskan Lambang FA-KMHDI adalah Tri Dharma dengan penjelasan sebagai berikut :

Logo2

 

Pengertian :

  1. Dasar Merah (Dharma Pertama)
    Makna : anggota FA-KMHDI lebih mengedepankan pengabdian kepada masyarakat, berlandaskan ajaran Dharma.

  2. Ujung Segi Tiga Warna Hitam (Dharma Kedua)
    Makna :  anggota FA-KMHDI menjunjung tinggi pemerintahan yang sah, demi menunjang interaksi antara pemerintah dengan masyarakat, sebagai sebuah aktualisasi ajaran Dharma.

  3. Bagian Tengah Segi Tiga Warna Putih (Dharma Ketiga)
    Makna : anggota FA-KMHDI senantiasa mengambil sikap kritis kepada pemerintah, dan melakukan advokasi kepada masyarakat, dalam upaya mengawal jalannya pembangunan pada jalan Dharma.

  4. Warna Merah, Putih dan Hitam
    Makna : Tiga warna ini menggambarkan Tri Murti, yaitu tiga manifestasi Tuhan sebagai Pencipta, Pemelihara, dan Pelebur (Brahma, Wisnu, Siwa). Dengan Kata lain, anggota FA-KMHDI dengan memanfaatkan kekuatan, kepintaran dan kecerdasan yang dimiliki, melakukan tindakan : (kesatu) turut serta dalam mengisi pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia, (kedua) turut serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, (ketiga) turut serta dalam menghancurkan segala bentuk tindakan yang melawan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.